JENIS – JENIS PERMAINAN YANG BAIK SESUAI USIA

1. Umur 6 tahun, anak senang bermain loncat-loncatan dengan tali, main kucing-kucingan dengan teman-temannya, berlomba lari, atau naik sepeda roda tiga, lemparan-lemparan bola dan main sekolah-sekolahan.
2. Pada umur 7 tahun, anak senang mengumpulkan benda-benda kecil, dan pada masa ini anak sudah mulai menunjukkan sifatnya masing-masing. Anak laki-laki senang bermain perang-perangan atau berperang cowboy seperti apa yang pernah dilihatnya dalam film. Anak perempuan senang bermain boneka dan dengan boneka itu ia mulai senang membuat pakaian. Baik anak laki-laki mauopun anak perempuan senang main sekolah-sekolahan, ada jadi guru dan ada yang jadi muridnya dan kesenangan membaca buku mulai saat ini.
3. Umur 8-10 tahun, sudah ada unsur kerjasama anak dalam bermain, misalnya main kartu. Sebelum itu sifat ingin menang sendiri masih menonjol. Rencana untuk bermain mulai timbul. Kesenangan membaca, mendengar radio, menonton film dan keluar rumah bersama teman sebayanya tampak pada periode ini.
4. Pada umur 11-12 tahun, anak laki-laki senang dengan hal-hal seperti membongkar sepeda ataupun membuat mobil-mobilan sendiri. Sedang anak perempuan senang menjahit, menyulam dan memasak. Musik dan tarian
mulai pula disenangi pada masa ini.[6]
Dari setiap fase atau tahap perkembangan anak, terdapat permainan yang secara umum menonjol dan sering dilakukan serta disenangi oleh anak. Umur 6-7 tahun misalnya: anak senang bermain sekolah-sekolahan bersama teman-temannya yabng lain. Ada yang berperan sebagai seorang guru dan yang lainnya sebagai murid. Hal ini dapat membantu anak mengembangkan daya imajinasi dan fantasinya. Anak memainkan fantasinya bagaimana seorang guru mengajar di depan kelas, bagaimana seorang guru menghukum murid yang bandel atau yang suka mengganggu teman-temannya, dan sebagainya. Dan pada saat anak usia 8-10 tahun, sudah ada unsur kerjasama dengan teman-temannya, seperti bermain kartu. Hal tersebut membuat anak-anak belajar menghargai keunggulan orang lain dan belajar menyesuaikan diri dengan teman-temannya. Kemudian pada umur 11-12 tahun, sudah tampak bermain yang dilakukan oleh anak berdasarkan alat kelaminnya. Anak laki-laki senang membongkar sepeda, membuat mobil-mobilan dan menyukai alat-alat pertukangan. Sedang anak perempuan lebih menyukai memasak, menjahit dan menyulam. Ini akan membantu anak melaksanakan perannya sebagai seorang laki-laki dan seorang

0 Response to "JENIS – JENIS PERMAINAN YANG BAIK SESUAI USIA"

Poskan Komentar