Apa yang anda lakukan saat mengetahui anak anda autis

Saat mengetahui anak kesayangan anda terdiagnosa Autis, seringkali sebagai Ortu kita menjadi panik dan seperti ada beban ber ton-ton di atas bahu ortu. Kamipun mengalaminya. Jadi kita semua mempunyai beban yang sama yaitu "Bagaimana caranya supaya anak-anak yang spesial ini bisa mandiri kelak.” jawaban pertanyaan inilah yang menjadi PR kita semua para ortu anak berkebutuhan khusus.

Setelah kami sadar bahwa semua yang terjadi dalam hidup ini adalah atas seizin Tuhan termasuk punya anak SN ini, maka beban inipun harus diterima sebagai anugrah dan sekaligus amanah. Jadi kami bisa mengucap syukur dalam segala hal. Hasilnya adalah beban menjadi RINGAN, ah masak ya? coba jalankan.................

Punya mimpi terlalu muluk? Bagaimana kalau mimpi itu tidak menjadi kenyataan? apa tidak down? Kita boleh bermimpi, tapi Mimpi bukan sembarang mimpi. Bermimpi harus disertai iman artinya adalah punya pengharapan. Disertai iman percaya bahwa Tuhan selalu memberi yang terbaik. Jangan ngotot pasang target tetapi hal yang paling esensi dalam beriman adalah bisa mengucap syukur dalam setiap kemajuan, dalam setiap keadaan yang Tuhan izinkan terjadi dalam anak anak kita yang notabene adalah titipan Tuhan

Punya anak SN yang ada dibenak kita harus punya uang yang banyak untuk biaya diagnosa, terapi, sekolah yang mahal, pengasuh , pendamping/terapis dan masih banyak lagi daftar pengeluaran yang sudah terpampang di hadapan kita sebagai ortu. Pastilah stress kalau seandainya semua biaya yang kita bayangkan itu di luar kemampuan kita. Kamipun mengalami hal serupa, tapi kami mau katakan UANG bukan segalanya sekalipun memang perlu biaya.

Sebetulnya yang lebih penting adalah Cinta Kasih dan kepedulian orang tua dan keluarga memberikan sumbangsih yang paling besar dalam pemulihan anak SN. BerIMAN, berHARAP dan berSERAH di dalam KASIH Tuhan akan memenuhi segala kebutuhan yang kita perlukan lebih dari sekedar uang. Jangan pernah berpikir kalau punya uang banyak baru bisa mengatasi masalah anak SN, dan kalau tidak
punya uang banyak maka tamatlah semuanya.

Memang sebagai ortu tugas kita adalah berusaha semampu kita. Kalau dikaruniakan banyak uang ya tidak ada salahnya melakukan tindakan medis, terapi yang terbaik karena secara keuanganan tidak ada masalah. Sebaliknya bagi ortu yang masih harus menyesuaikan pengeluaran, jangan kecil hati sebab kamipun ada di dalam kelompok ini. Mari kita ber IMAN bahwa Tuhan akan memenuhi segala kebutuhan kita. Tuhan punya banyak cara untuk menjawab doa-doa umatNYA yang percaya, berharap dan mengasihiNYA. Semua ini bukan cuma ngomong aja, karena kami sudah mengalaminya.

Anak kami Yansen saat ini telah tamat SD umum dan pada saat menulis artikel ini dia sudah masuk kelas 1 SMP Umum. Ketika kami bertanya kepadanya bagaimana sekolah SMP? Apakah susah?. Jawabnya ngak sih tapi buku pelajarannya banyak!, Memang itu MASALAH pendidikan formal kurikulum di Indonesia. Terlalu rumit untuk anak SN. Kalau ada kurukulum yang disesuaikan minat dan kemampuan yang terarah itu lebih baik bagi anak SN agar tidak terlalu terbeban dengan pelajaran yang tidak diminati.

Terima kasih buat semua pihak yang turut mendukung dan peduli atas kemajuan anak kami. Semoga Tuhan membalas semua jerih lelah setiap umatNya.

Kepada semua ortu yang punya anak special, biarlah apa yang kami alami boleh menjadi berkat bagi yang lain untuk tetap berharap kepadaNya yang senantiasa memberikan yang terbaik bagi kita umat yang mengasihiNya.

0 Response to "Apa yang anda lakukan saat mengetahui anak anda autis"

Posting Komentar