Cara mengajar pengenalan huruf dan angka pada anak autis

membagi pengalaman "bagaimana mengajar anak mengenal angka dan
huruf pada anak kami"? Setelah perbendaharaan kata bertambah, kemudian kemampuannya meningkat bisa merangkai kata misalnya mau ini, mau itu, minta ini, minta itu, mau pipis, minta minum, mau mandi dll.

Satu hal yang sangat mencengangkan daya ingatnya kuat, jadi apa yang pernah dilihat secara visual baik langsung, maupun melalui TV, bahkan sebelum bisa baca tulis Yansen sudah hafal logo-logo merk misalnya: Sanyo, Toshiba, Mitsubishi, Honda, Toyota, Yamaha, Maspion, Yongma, National.

Pada saat kami bawa ke Restoran, biasa yang dicari kipas angin, maka diapun masuk kedapur, ke ruang kasir memang repot untuk mengawasinya dan kalau ketemu alat elektronik, saya tanya ini merk apa? langsung dia jawab, Maspion. Yang lain lagi Toshiba sampai petugasnya bingung !!! ,sudah sekolah ya pak kok bisa baca??? belum mbak jawabku dia cuma hafal logo dan merknya. Aneh tapi nyata.

Kami mengajar Yansen angka dan huruf juga dengan visualisasi, caranya kami membeli angka dan huruf yang terbuat dari foam seperti bahan sandal jepit, warna warni dan bisa dipakai untuk alas duduk, dimana hurup dan angkanya bisa dicopot dan dipasang kembali. Dengan alat bantu itulah kami mengajarkan mulai angka angka dan huruf-huruf, pertama kami copot dan mengajarnya angka 1.2.3.4.5.6.7.8.9.0 demikian juga A-Z . Setelah dia sebut angkanya atau hurufnya kami suruh pasang lagi, sekalian latihan puzzel ,dan rupanya itu menarik sehingga dia cepat nangkapnya, kami kira faktornya dia bisa enjoy belajar sambil main.

Menjelang 4 tahun kami ajarkan Yansen tulis angka dan huruf yang telah dihafalnya. Pertama kami tuliskan huruf dan ada kolom yang harus dicontoh kalau belum bagus bantu pegangin tangannya bergerak pelan pelan untuk membentuk angka atau huruf.
Setelah menguasai hurup besar kami ajarkan hurup kecil, lalu meningkat jadi
memadukan suku kata, dan kemudian kata kata, jadi sebelum masuk TK Yansen dirumah sudah bisa baca suku suku kata bahkan kata kata yang sederhana dia sudah kuasai. Puji Tuhan kemampuannya terus meningkat.
Memang secara akademis sudah bagus tapi tingkah lakunya yang masih jadi masalah.

Kendala-kendala:
Perhatiannya cepat beralih, kalau lagi tidak konsentrasi susah diajari, tidak bisa duduk berlama-lama, bahkan sangat perfeksionis, semua miliknya tidak boleh hilang, hilang selembar bisa jadi masalah. Dia menjadi gelisah dan tidak bisa konsentrasi sebelum apa miliknya yang hilang ditemukan.

Rutinitas menjadi bagiannya, bahkan kalau ada keinginannya yang tidak dituruti Yansen bisa melukai dirinya, membentur kepala kelantai, atau memukul kepalanya sendiri.

Kami memang cape, untung ada pengasuhnya yang sangat sayang Yansen dan
merawatnya dengan baik walaupun tingkah lakunya kadang kadang aneh, tetapi kalau malam kami berusaha supaya Yansen tidur seranjang dengan kami supaya kasih sayang tidak beralih ke pengasuhnya. Dan yang sangat penting anak SN mendapatkan kasih sayang yang utuh dari orang tuanya yang dengan tulus mengasihinya dalam keadaan apapun.

Kami tidak pernah memberi obat penenang seperti Risperdal dan sebangsanya tetapi kalau anak saya tantrum saya bawa dalam doa-doa, dan ajaib kuasa doa dasyat sehingga kami bisa melewati masa-masa sulit bersama-sama mamanya dan pengasuhnya yang begitu sabar dan telaten. Saya percaya semua adalah campur
tangan Tuhan yang mengirim pengasuh yang tahan banting kepada kami.
Bahkan Pengasuhnya kadang-kadang melebihi kami sebagai ortu saking merasa dia punya andil ikut mengasuh Yansen dan menyayanginya sebagai anak sendiri. Kadang-kadang kami sempat khawatir kalau dia berhenti kerja, tapi akhirnya kami berbalik percaya lebih kepada Tuhan. Kalaupun dia berhenti pasti DIA buka jalan, jadi kami tidak harus stress dan enjoy aja gitu.

1 Response to "Cara mengajar pengenalan huruf dan angka pada anak autis"

  1. Unknown says:
    7 Januari 2016 pukul 20.16

    Selamat sore saya seorang guru les private,,
    Dan kebetulan salah satu murid saya penderita hiperaktif dia sulit untuk duduk dan bicara
    Bahkan kadang daya suka kesulitan untuk mengenalkannya lingkaran , persegi dll ,,

    Yang ingin saya tanya bagaimana cara mengenalkan anak hiperaktif sebuah pelajaran tersebut
    Trimakasih

Posting Komentar