Solusi Jalan Lebih Dini Pada Bayi Down Syndrome

Sebuah penelitian baru memberikan harapan bagi bayi yang menderita down syndrome untuk bisa berjalan lebih cepat. Down syndrome adalah kondisi yang disebabkan oleh kelainan genetik dan berakibat pada proses tumbuh kembang si bayi yang menjadi lebih lambat dan sering mengarah pada keterbelakangan mental. Hal ini juga berakibat pada proses belajar jalan yang baru bisa mereka lakukan pada usia 24-28 bulan, setahun lebih lama dibanding anak-anak yang normal.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Michigan di Chicago mengungkapkan dengan training treadmill, bayi penderita down syndrome dapat berjalan lebih cepat dibanding jika mereka hanya melakukan terapi standar. Penelitian melibatkan 30 bayi penderita down syndrome. Orangtua si bayi diminta untuk membantu anak mereka untuk berjalan di treadmill selama 8 menit perhari selama 5 hari dalam seminggu secara rutin.

Para bayi ditempatkan pada sebuah dudukan yang digantung pada mesin treadmill untuk menyangga si bayi. Sementera itu sabuk treadmill akan merangsang mereka untuk melangkah ketika mesin treadmill dinyalakan. Intensitas dan kecepatan dari training treadmill akan dinaikkan secara bertahap ketika para bayi ini telah menambah kecepatan langkah mereka 10, 20, 30 langkah per menit. Hasilnya, para bayi yang menggabungkan terapi fisik dan juga training treadmill, dapat berjalan lebih cepat 4-5 bulan lebih dini dibanding dengan bayi penderita down syndrome yang hanya melakukan terapi fisik saja.

Menurut Profesor Dale Ulrich, Divisi Kinesiology dari Universitas Michigan sekaligus ketua penelitian ini, dengan membantu bayi penderita down syndrome berjalan lebih cepat, hal ini dapat meningkatkan perkembangan kemampuan sosial, kemampuan motorik, daya tangkap dan kemampuan kognitif mereka.

"Kuncinya adalah jika kita dapat membuat mereka berjalan lebih cepat, maka mereka juga akan lebih baik dan lebih dini untuk bisa mengenali lingkungan sekitar mereka. Ketika Anda sudah mulai belajar untuk mengenali lingkungan, Anda akan belajar tentang dunia sekitar Anda," ujar Ulrich. "Maka, proses berjalan menjadi faktor penting yang mempengaruhi setiap fase tumbuh kembang seorang anak," kata Prof. Dale menambahkan.

0 Response to "Solusi Jalan Lebih Dini Pada Bayi Down Syndrome"

Posting Komentar